Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Remaja Di Islamic Centre Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.876Keywords:
Dukungan SosialAbstract
Dalam era yang dipenuhi dengan tekanan sosial, kesejahteraan mental remaja menjadi semakin penting untuk dipahami dan ditangani dengan serius. Dukungan sosial yang diterima oleh remaja dianggap sebagai faktor kunci dalam memengaruhi tingkat depresi yang mereka alami. Kurangnya dukungan sosial dapat membuat remaja merasa terisolasi dan rentan terhadap depresi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan tingkat depresi pada remaja di SMP Islamic Centre Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pemilihan sampel menggunakan Stratified Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 188 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner Student Social Support Scale (SSSS) untuk mengukur dukungan sosial dan Beck Depression Inventory-II (BDI-II) untuk mengukur tingkat depresi remaja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 101 remaja (53,7%) memiliki dukungan sosial berkategori sedang, 76 remaja (40,4%) memiliki dukungan sosial tinggi, dan terdapat 11 remaja (5,9%) yang memiliki dukungan sosial rendah. Sedangkan untuk tingkat depresi, menunjukkan bahwa sebanyak 109 remaja (58%) tidak mengalami depresi, 32 remaja (17,0%) mengalami depresi ringan, 29 remaja (15,4%) mengalami depresi sedang, dan 18 remaja (9,6%) mengalami depresi berat. Hasil uji Chi-Square menunjukkan nilai p-value = 0,000. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan tingkat depresi pada remaja di SMP Islamic Centre Kota Tangerang dengan nilai p-value = 0,000 (p < 0,05).
References
Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. 2, 92–107.
Arianti, R. (2020). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kejadian Depresi pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Yatim Putri ‘aisyiyah Yogyakarta. 1–17.
Assaad, A. R. B. (2022). Hubungan Tingkat Depresi dengan Kualitas Hidup Santri di Mas As’adiyah Putri Sengkang.
Assagaf, S. M., & Sovitriana, R. (2021). Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Terhadap Depresi Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha. 40–46.
Aulia, I. M. (2019). Dukungan Sosial terhadap Interaksi Sosial Anak Terlantar di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Bambu Apus Jakarta Timur.
Bintang, A. Z., & Mandagi, A. M. (2021). KEJADIAN DEPRESI PADA REMAJA MENURUT DUKUNGAN SOSIAL DI KABUPATEN JEMBER Depression Incidence in Adolescents According to Social Support in Jember Regency. 2655, 92–101.
Desi, Felita, A., & Kinasih, A. (2020). Gejala Depresi pada Remaja di Sekolah Menengah Atas. 8487(1), 30–38.
Dirgayunita, A. (2020). Depresi : Ciri , Penyebab dan Penangannya. 1–14.
Eduardo, J., & Bernard, R. (2021). Depression : a review of its definition. January 2018, 5–7. https://doi.org/10.15406/mojamt.2018.05.00082
Elfany, S. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa MAN 3 Blitar Memilih Studi Lanjut.
Endriyani, S., Lestari, R. D., Lestari, E., & Napitu, I. C. (2022). Gangguan Mental Emosional dan Depresi pada Remaja. 4(2), 429–434.
Fadilla, C., & Rozana, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Work-Family Conflict pada Polwan dengan Status Menikah. 1983, 584–589.
Fitria, Y., & Maulidia, R. (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN DEPRESI PADA REMAJA DI SMPN KOTA MALANG ( Relationship Between Social Support With Adolescent Depression in Junior High School at Malang ). September.
Gallagher, S., Haugh, C., Solano, A. C., Iglesia, G. de la, Mcmahon, J., Haugh, C., Solano, A. C., & De, G. (2022). Social support imbalance and depressive symptoms in young adolescents : the negative effect of giving but not receiving. International Journal of Adolescence and Youth, 27(1), 528–540. https://doi.org/10.1080/02673843.2022.2151715
Gustriani, T. (2021). Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Compassion pada Mahasiswa di Masa COVID-19.
Habsari, A. A. S. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesepian Mahasiswa Semester Akhir di Kota Makassar.
Heryana, A. (2020). Etika Penelitian. July. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13880.16649
Hikmandayani, Tri, R., Herdiani, Antari, I., Yuniarni, D., Amenike, D., Idrus, I., Fajriah, L., Marlina, Salim, N. A., Herik, E., Sulaiman, & Yanthi, D. (2023). Psikologi Perkembangan Remaja.
Kamalia, S. (2023). Depresi pada Generasi Milenial dalam Perspektif Al-Qur’an.
Kawachi, I., & Berkman, L. F. (2001). Social Ties and Mental Health. 78(3), 458–467.
Kholili, I., & Hidayat, R. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Permasalahan Siswa SMP. 5(1), 55–63. https://doi.org/10.26539/teraputik.51637
Latifah, A. U. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di UIN Walisongo Semarang.
Manafe, L. A., & Berhimpon, I. (2022). Hubungan Tingkat Depresi Lansia dengan Interaksi Sosial Lansia di BPSLUT Senja Cerah Manado. 11(1), 749–758.
Monazah, S. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri pada Remaha yang Tinggal di Panti Asuhan Kota Medan.
Nasution, M. Z. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Depresi Post Partum di Puskesmas Siabu Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2021.
Pamungkas, B. A., & Kamalah, A. D. (2021). Gambaran Tingkat Depresi Pada Remaja : Literature. 1332–1341.
Pande, N. L. P. I. P., Wulandari, N. P. D., & Wijaya, I. P. A. (2024). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dengan Tingkat Kecemasan, Stres, dan Depresi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Abiansemal. 3, 1–11. https://doi.org/10.55887/nrpm.v3i1.48
Pangaribuan, J. C. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Thailand di Universitas Islam Riau.
Peñate, W., & Gonz, M. (2020). The Predictive Role of A ff ectivity , Self-Esteem and Social Support in Depression and Anxiety in Children and Adolescents.
Pertiwi, S. T., Moeliono, M. F., & Kendhawati, L. (2021). Depresi, Kecemasan, dan Stres Remaja selama Pandemi Covid-19. 6(2), 72–77. https://doi.org/10.36722/sh.v
Putri, F. S., Nazihah, Z., & Ariningrum, D. P. (2022). Depresi Remaja di Indonesia : Penyebab dan Dampaknya Adolescent Depression in Indonesia : Causes and Effects. 10(2), 99–108.
Putriana, H., & Gunatirin, E. Y. (2021). Pengaruh dukungan sosial dan regulasi emosi terhadap kecenderungan depresi di Surabaya. 12(3), 862–867. https://doi.org/10.15562/ism.v12i3.1192
Riziana, K. F. (2022). Hubungan Tingkat Gejala Depresi dengan Ide Bunuh Diri pada Remaja Sekolah Menengah Atas.
Safitri, R. (2023). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kisaran.
Saputri, M. A. W., & Indrawati, E. S. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Depresi pada Lanjut Usia yang Tinggal di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. ayat 3.
Sary, Y. N. E. (2021). Pubertas dan Dukungan Sosial Terhadap Kejadian Depresi Pada Santriwati (11-13 Tahun) di Pondok Putri Hafshawaty Probolinggo. 19(85), 446–452.
Sasfiranti, Y. (2021). Hubungan antara Kebermaknaan Hidup dengan Depresi pada Siswa SMA X dan MA Y di Kota Semarang (Issue 30701700138).
Setyawati, I., Fahiroh, S. A., & Poerwanto, A. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja di UPT PRSMP Surabaya. 000, 1–9.
Sonia, M. (2022). Studi Literatur: Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Tingkat Depresi pada Remaja.
Soumokil-mailoa, E. O., Hermanto, Y. P., & Hindradjat, J. (2022). Orang Tua Sebagai Supporting System: Penanganan Anak Remaja yang Mengalami Depresi. 3(3), 244–267.
Subekti, N. M., Prasetyanti, D. K., & Nikmah, A. N. (2020). Gambaran Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan dalam Menghadapi Pubertas pada Remaja. 1(2).
Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya terhadap Pendidikan. 8(3), 1917–1928.
Tamansyah, G., Fatah, V. F., & Rukman. (2023). Hubungan dukungan sosial teman dengan depresi pada lansia. 3(2), 17–22. https://doi.org/10.34011/jkifn.v3i2.1781
Zahira, F. R. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial pada Remaja Awal di SMP Ulul Ilmi Medan.
Zahro, A. F. (2022). Hubungan Dukungan Sosial dengan Kemampuan Adaptasi Siswa Madrasah Tsanawiyah Berlatar Belakang Pendidikan Umum.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Nabila Mutiara Fasha, Siti Rochmani, Ida Faridah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.