Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Ketajaman Penglihatan Pada Siswa Keperawatan Di SMKN 9 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.843Keywords:
Penggunaan GadgetAbstract
Latar Belakang: Penggunaan gadget di kalangan pelajar dan mahasiswa juga dianggap sebagai suatu kebutuhan yang tidak terhindarkan mulai dari kalangan usia anak – anak hingga usia tua lebih banyak menghabiskan waktu pada perangkat elektronik dan dunia internet, dan tentunya sering berinteraksi lebih banyak dengan layar gadget. Hal ini terbukti bahwa kondisi ini menyebabkan banyak masyarakat merasakan adanya gangguan pada penglihatan. Tujuan penelitian: Mengetahui apakah ada atau tidaknya hubungan penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan pada siswa keperawatan di SMK Negeri 9 Kota Tangerang Tahun 2024. Metodelogi penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa keperawatan kelas 10 SMKN 9 Kota Tangerang berjumlah 77 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total sampling. Instrument penelitian terdiri dari kuesioner dan observasi menggunakan Snellen Chart. Analisa data menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian: Penggunaan gadget pada siswa keperawatan di SMKN 9 Kota Tangerang adalah Selalu menggunakan gadget dengan ketajaman penglihatan buruk. Kesimpulan: Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan penggunaan gadget terhadap ketajaman penglihatan pada siswa keperawatan di SMK Negeri 9 Kota Tangerang dengan hasil (p-Value= 0,00).
References
Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
Abidin Muhammad Saiful. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget Dan Jarak Pandang Gadget Dengan Ketajaman Penglihatan Pada Remaja. Global Journal of Public Health, 1 no 1, 4.
Aisyah Indyana Ummi, W. Q. N. (2023). Penggunaan Gadget Terhadap Kualitas Tidur Dan Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 5 no 9.
Badan pusat statistik 2024. https://www.bps.go.id/id
Fauziah Fatah, V., Nursyamsiyah, N., Kamsatun, K., Ariyanti, M., & Susanti, S. (2022). KECANDUAN GADGET PADA REMAJA PASCA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19. JURNAL RISET KESEHATAN POLTEKKES DEPKES BANDUNG, 14(2), 284–291. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v14i2.2131
Fitriana. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja dalam Keluarga. Jurnal Psiko Islam Media, 5 No 2.
Imasria Wahyuliarmy, A., & Ayu Kumala Sari, C. (2021). Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial. IDEA: Jurnal Psikologi, 5(2), 100–114. https://doi.org/10.32492/idea.v5i2.5204
Karlina, L. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1, 150.
Ni, O., Arnani, P. R., & Husna, F. H. (2021). THE DIFFERENT LEVELS OF GADGET ADDICTION AMONG ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS BASED ON GENDER. 19, 1–5.
Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4732–4732.
Prayudi, A., Yapis Dompu, S., & Teknologi Informasi, P. (2023). Pengaruh Gadget Dalam Penurunan Tingkat Penglihatan Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran (JUNDIKMA), 02(01).
Putri, G. A., Saraswati, D., Luh, N., Suntari, P. Y., Sipahutar, I. E., & Kemenkes Denpasar, P. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget Saat Pandemi Covid-19 Dengan Ketajaman Penglihatan Siswa. Jurnal Gema Keperawatan, 16, 58.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Adilah Salsabila, Ahmad Yunus Gunawan Wibisono, Ida Faridah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.