Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Asap Rokok Pada Remaja

Authors

  • Agung Agung Univeritas Yatsi Madani
  • A.Y.G Wibisono Univeritas Yatsi Madani
  • Ida Faridah Univeritas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.833

Keywords:

Edukasi kesehatan

Abstract

Latar Belakang: Asap rokok merupakan salah satu penyebab utama berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, paru-paru, dan kanker. Remaja adalah kelompok yang rentan terhadap paparan asap rokok, baik secara aktif maupun pasif. Oleh karena itu, edukasi kesehatan tentang bahaya asap rokok sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran remaja tentang risiko yang ditimbulkan oleh asap rokok. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan tentang bahaya asap rokok pada remaja di SMK Citra Madani, Kabupaten Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Penelitian ini menggunakan bersifat kuantitatif dengan desain eksperimen (quasi experiment) yang dirancang dengan One Group Pre-test Post-test without control. Sampel penelitian terdiri dari 60 remaja yang tehnik pengambilan sampelnya menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa p – Value dari tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan diperoleh 0,000 <ɑ(0,05), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho di tolak yang artinya Ada pengaruh edukasi kesahatan terhadap tingkat pengetahuan siswa/siswi SMK CITRA MADANI. Kesimpulan: Edukasi kesehatan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan tingkat pengetahuan tentang bahaya asap rokok pada remaja di SMK Citra Madani, Kabupaten Tangerang..

References

Kardi, K., Karim, A., & Bage, L. (2023). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadapa peningkatan pemgetahuan tentang bahaya merokok pada siswa di SMK Mathlaul Huda Kabupaten Tangerang tahun 2023. Vanchapo Health Science Journal, 1(1), 29-34

LESTARI, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Merokok Pada Siswa Di Smp N 8 Padang Sidimpuan.

Lestari, S., Mustikarani, I. K., & Mardiyah, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Mind Mapping Terhadap Pengetahuan Mengenai Bahaya Merokok Pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020 (Profesi Ners XXII).

Mayenti, F. (2019). Hubungan lingkungan pergaulan dengan perilaku merokok remaja (Journal of Nursing Sciences), 8(2), 63.

Mufida, N., & Isni, K. (2022). Pengaruh Edukasi Bahaya Merokok Terhadap Tingkat Pengetahuan Masyarakat di Dusun Kandangan 02/03, Margodadi, Seyegan, Sleman. Insan Cita: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Nisa, R., Rizky, A., Dili Arwati, V., Haeriyah, S., & Vila Delpia, Y. (2023). METODELOGI PENELITIAN KESEHATAN Teori dan Implementasi dalam Penelitian (N. Ayuningtyas Kusumawati (Ed.); 1st ed.). Yayasan Aurora Marifatul Syifa.

Notoatmojo, S. (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta

Putri, L. P. I (2021) Hubunagan Pengetahuan Bahaya Rokok Dengan Kebiasaan Merokok Universitas Islam Sultan Agung Kota Semarang

Sari, R. K., Zulaikhah, S. T., & PH, L. (2019). Perbedaan Pengetahuan Perokok Aktif Dan Perokok Pasif Tentang Bahaya Rokok. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal,9(2),85–94.

Septiana Lestari, S. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PENGETAHUAN MENGENAI BAHAYA MEROKOK PADA REMAJA (Doctoral dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta).

Untari, Ida Dkk. 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Efek Merokok Dengan Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Vol 2, No 1

Yusriani, J. R. (2020). Edukasi melalui media whatsApp dalam perubahan perilaku Merokok dikalangan siswa SMA. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 134-141

Published

2024-08-15

How to Cite

Agung Agung, A.Y.G Wibisono, & Ida Faridah. (2024). Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Bahaya Asap Rokok Pada Remaja. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 213–217. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.833

Most read articles by the same author(s)