Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Poster Leaflet Dan Permainan Index Card Match Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.850Keywords:
Edukasi Gizi SeimbangAbstract
Pendahuluan: Anak-anak Indonesia belum menunjukkan sikap kritis dan hati-hati saat memilih makanan mereka. Oleh karena itu, anak-anak di sekolah dasar harus dididik lebih banyak tentang nutrisi melalui pendidikan Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang dengan media poster, leaflet dan permainan index card match terhadap perubahan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang. Desain Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi eksperimental one grup pre-test post-test without control yaitu metode penelitian yang dalam pelaksanaannya menggunakan test awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) tanpa adanya kelompok kontrol atau pembanding. Tehnik Sampel: Sampel jenuh atau total sampling. Jumlah Sampel: 50 orang. Analisa Data: Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil dan Kesimpulan: Berdasarkan dari hasil Uji Wilcoxon menunjukan gambaran pengetahuan (Asymp.sig = 0,000), sikap (Asymp.sig = 0,000) dan perilaku (Asymp.sig = 0,000) yang artinya bahwa ada pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui media poster leaflet dan permainan index card match terhadap perubahan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang.
References
Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang pada Anak-Anak di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1), 65–70. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati
Andriyani, S., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Media Audiovisual (Animasi) Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414
Asmin, A., Arfah, A. I., Arifin, A. F., Safitri, A., & Laddo, N. (2021). Hubungan Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 1(1), 54–59. https://doi.org/10.33096/fmj.v1i1.9
Azizzah, S., Kurniawan, A., Paramita, F., & Katmawanti, S. (2024). Penggunaan Media Edukasi Berbasis Card Game Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar Di Kota Mataram. Jurnal Medika Nusantara, 2(1), 264–282.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (H. El Jaidi & D. K K (Eds.); 2nd ed.). Pustaka Belajar.
Donsu, J. D. T. (2019). Psikologi Keperawatan (Elisa (Ed.); 1st ed.). PT. Pustaka Baru.
Indraswari, S. H. (2019). Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Poster Dan Kartu Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang Di Sdn Ploso I-172 Surabaya. The Indonesian Journal of Public Health, 14(2), 210. https://doi.org/10.20473/ijph.v14i2.2019.211-222
Induniasih, & Ratna, W. (2021). Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Pustaka Baru Press.
Irfannuddin. (2019). Cara Sistematis Berlatih Meneliti: Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Niaga Swadaya. https://books.google.co.id/books?id=Ma_ZDwAAQBAJ
Kamilah, S. N., Supriati, R., Haryanto, H., Sipriyadi, & Atmaja, V. Y. (2022). Pemeriksaan Status Gizi berdasarkan Nilai Indeks Massa Tubuh pada Anak Usia 10-12 Tahun di SDN 159 Bengkulu Utara. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 95–100. https://doi.org/10.33369/icomes.v2i2.25579
Kholid, A. (2017). Promosi Kesehatan Dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media, dan Aplikasinya (Octiviena (Ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.
Kim, J., Kim, G., Park, J., Wang, Y., & Lim, H. (2019). Effectiveness of teacher-led nutritional lessons in altering dietary habits and nutritional status in preschool children: Adoption of a NASA mission x-based program. Nutrients, 11(7). https://doi.org/10.3390/nu11071590
Kurdanti, W., Khasana, T. M., & Fatimah, A. S. (2019). Pengaruh Media Promosi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Gizi Indonesia, 42(2), 61. https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i2.378
Kurniasari, R., & Rahmatunnisa, R. (2021). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Nutriedutainment Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Kuliner, 1(2), 33–40. https://doi.org/10.35706/giziku.v1i2.4755
Ladiba, A., Zulfaa, A., Djasmin, A., Mevya, A., Safitri, A., Akifah, A., & Purwanti, R. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan dan asupa sayur buah pada siswa sekolah dasar dengan status gizi lebih. Darussalam Nutrition Journal, 5(2), 110. https://doi.org/10.21111/dnj.v5i2.6250
Masriadi, Baharuddin, A., & Samsualam. (2021). Metodelogi Penelitian (Kesehatan, Kedokteran, Keperawatan) (A. Maftuhin (Ed.); 1st ed.). CV. Trans Info Media.
Masruroh, M., & Hayati, N. (2021). Media poster sebagai sarana edukasi masyarakat dalam upaya pencegahan covid-19. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 169. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.9207
Mulyati, I., & Cahyati, A. (2020). Gambaran Pengetahuan Remaja Mengenai Pernikahan Dini Dengan Menggunakan Pendidikan Kesehatan Media Leaflet. Jurnal Bidan Pintar, 1(2), 80–95. https://doi.org/10.30737/jubitar.v1i2.1148
Muwakhidah, Fatih, F. D., & Primadani, T. (2021). Efekvitas Pendidikan Dengan Media Boklet, Leaflet Dan Poster Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Journal of University Research Colloqium, 438–446. http://ejournal.poltekkes-pontianak.ac.id/index.php/PNJ/index
Nasution, A., & Nasution, A. S. (2020). Nutrition Puzzles as an Effort to Promote Balanced Nutrition Behavior in Students. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(1), 89–99. https://doi.org/10.30597/mkmi.v16i1.8606
Nasution, N. H., & Arifin, Z. (2021). Pengaruh Metode Role Play dan Poster Terhadap Perubahan Perilaku Pemilihan Makanan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 12(1), 1–10.
Nisa, R., Rizky, A., Dili Arwati, V., Haeriyah, S., & Vila Delpia, Y. (2023). Metodelogi Penelitian Kesehatan Teori dan Implementasi dalam Penelitian (N. Ayuningtyas Kusumawati (Ed.); 1st ed.). Yayasan Aurora Marifatul Syifa.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). PT. Rineka Cipta.
Nuryani, N. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 3(2), 37–46. https://doi.org/10.22487/ghidza.v3i2.19
Oktafiani, H., & Sunarti, S. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang pada Siswa Kelas IVdi SD Negeri 001 Samarinda Seberang. Borneo Student Research, 1(2), 724–729. http://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/download/489/196
Permenkes No 41, 1 (2014).
Puspita, S., & Puspita, E. (2022). Pendidikan dan Promosi Kesehatan (A. Khanafi (Ed.); Pertama). Deepublish.
Putri Milenia, E., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039
Rahmad, A. H. Al, Sofyan, H., Usman, S., Mudatsir, & Firdaus, S. B. (2023). Pemanfaatan Leaflet Dan Poster Sebagai Media Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Di Aceh Besar. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(1), 23–32.
Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. https://doi.org/10.12691/jfnr-2-12-26
Rusdi, F. Y., Helmizar, H., & Rahmy, H. A. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Untuk Pencegahan Anemia Pada Remaja Putri Di Sman 2 Padang. Journal of Nutrition College, 10(1), 31–38. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i1.29271
Suryaalamsyah, I. I., & Amini, N. (2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Usia Sekolah Di Asrama Panti Asuhan Mizan Amanah Ciputat. Piramida : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–45. https://journal.unimerz.com/index.php/piramida
Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan - Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Pengukuran Variabel, dan contoh Kuesioner (R. Indra (Ed.); 1st ed.) 2-26. ANDI. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=aPFeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teori+pengetahuan&ots=jJY2LRMRiQ&sig=EqE5md4MKxEz5ZGwMOybkf6fyTY&redir_esc=y#v=onepage&q=teori pengetahuan&f=false
The State of Food Security and Nutrition in the World. (2021). In The State of Food Security and Nutrition in the World 2021. https://doi.org/10.4060/cb4474en
Tsania, Nanda, Rahmat, Mamat, Priawantiputi, Fauziyah, & Nur, R. (2023). Edukasi Gizi Menggunakan Flashcard Dan Powerpoint Terhadap Pengetahuan , Sikap Dan Nutrition Education Using Flashcard and Powerpoint on Knowledge , Attitude and Behavior of Balanced Nutrition in. Jurnal Gizi Dan Dietetik, 2(2), 22–30.
Tumulo, T. I. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match Kelas X SMA Negeri 1 Telaga. Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdia, 02(23), 539–552.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, Pub. L. No. 36, 77 (2009). https://sireka.pom.go.id/requirement/UU-36-2009-Kesehatan.pdf
Wardani, K., & Sarah Renyoet, B. (2022). Studi Literatur: Estimasi Potensi Kerugian Ekonomi Akibat Undernutrition Di Indonesia. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 14(1), 114–127. https://doi.org/10.35473/jgk.v14i1.268
World Health Organization. (n.d.). BMI for age (5-19 years). https://www.who.int/tools/growth-reference-data-for-5to19-years/indicators/bmi-for-age
Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Bergambar Dan Permainan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty, 10(1), 1. https://doi.org/10.32832/hearty.v10i1.4786
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yuda, Solihati, Zahrah Maulida Septimar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.