Pelatihan Penerapan Komunikasi Yang Baik Bagi Pegawai SMK Negeri 3 Medan Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Terhadap Masyarakat Pada SMK Negeri 3 Medan
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.316Keywords:
Komunikasi, Pelayanan, Pelatihan,Abstract
Komunikasi yang baik merupakan salahsatu pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, memberikan informasi dan menyelesaikan keluhan yang dialami oleh para konsumen. Berdasarkan hasil wawancara dari pihak sekolah menjelaskan bahwa saat ini pihak sekolah menginginkan adanya peningkatan pada proses pelayanan yang baik dan juga prima bagi pegawai SMKN 3 Medan kepada Masyarakat. Pelatihan komunikasi yang baik bagi para pegawai SMKN 3 Medan bertujuan meningkatkan kualitas dan keefektivan pelayanan oleh pegawai SMKN 3 Medan kepada masyarakat, khususnya para orangtua dari calon siswa yang hendak bersekolah di SMKN 3 Medan. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan materi terlebih dahulu yang dilanjutkan dengan praktik secara langsung. Materi yang diberikan berupa pelatihan komunikasi dan Bahasa, marketing, dan pelatihan teknik pendekatan kepada konsumen. Berdasarkan hasil yang diperoleh, pelatihan berhasil meningkatkan kualitas pegawai SMKN 3 Medan dalam memberikan pelayanan yang efektif terhadap Masyarakat pelanggan yang dibuktikan dari pelayanan yang diberikan secara baik, ramah, dan jelas dalam memberi informasi kepada pelanggan. Peningkatan kualitas dari pegawai secara tidak langsung meningkatkan kualitas dari manajemen dan organisasi sekolah, sehingga mampu lebih berkembang, khsususnya dalam merekrut calon siswa baru.
References
Alpian, Y et al. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1 (1), 66-72
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., R, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan
sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1),
–88.
Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam
Meningkatkan Mutu Layanan Di Sma Laboratorium. JMSP: Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3),
–184.
Habibie, D. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Upaya Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik.
Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 195–199.
Kana, Any Agus. 2001. Mass Customization Sebuah Alternatif untuk Meningkatkan Kepuasan Palanggan,
Jurnal Kompak, No.3 Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi
dan Pengendalian (Edisi kedelapan, terjemahan Arcella Ariwati Hermawan), Jakarta: Salemba Empa
Meldiana, M. R., & Rahadi, D. R. (2020). Peran Customer Service Dalam Mendukung Kompetensi Pegawai
Pada Perusahaan. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(3), 1567–
http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/645/308
Salim, N. A. (2017). Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Sekolah Melalui Penguatan Kemampuan Manajerial Kepala
Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p008
Suprapto, T., Ilmu Komunikasi : Teori dan Perkembangannya, 1994, MMTC Press Yogyakarta
Uchjana Effendi, Onong, Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek, 1992, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya – Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dita Sayidina Harahap, Deliyanti Simbolon, Dian Setyorini, Fenny Afrida, Isra Rafika Sihombing, Lisa Elianti Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.