Hubungan Perilaku Caring Dan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien

Authors

  • Fitra Abdul Malik Universitas Yatsi Madani
  • M.Martono Diel Universitas Yatsi Madani
  • Ayu Pratiwi Universitas Yatsi Madani

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.829

Keywords:

Caring

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan. Caring adalah kepedulian interpersonal yang ditunjukkan oleh perawat dalam memberikan kenyamanan, perhatian, dan empati kepada pasien. Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat mengenai efektivitas layanan IGD 60% responden menyatakan bahwa layanan harapan pasien tidak terpenuhi  yang diberikan oleh perawat. Respon time adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memberikan bantuan yang cukup kepada pasien emergency, baik dalam situasi normal maupun saat bencana. Tujuan : Mengetahui hubungan perilaku Caring dan Respon time perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang IGD RS Melati Tangerang. Metode Penelitian : Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional dengan analisis Spearman Rank. Hasil Penelitian : dalam 228 responden, sebagian besar merasa sangat puas dengan perilaku Caring yang diberikan oleh perawat yang baik yaitu sebanyak 105 (47,8%) responden. dalam 228 responden, sebagian besar merasa sangat puas dengan Respon time perawat yang cepat yaitu sebanyak 110 (48,2%) responden. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara perilaku Caring dan Respon time perawat di ruang IGD RS Melati Tangerang. Saran : untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melengkapi penelitian ini dengan mencari faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.

References

Anggara, P. E. (2022). Hubungan respon time pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit TK II Udayana.

Arnike, G., & Kadir, A. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Besiq Kabupaten Kutai Barat Tthun 2022. Health Information : Jurnal Penelitian, 15(1), 1–9. https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp/article/view/883

Cahya, A. N. (2019). Hubungan Respon Time perawat dalam memberikan pelayanan terhadap kepuasan pasien di ruangan IGD RSUD Labuang baji makassar. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Ernawati, P. (2022). Peran Kualitas Pelayanan Dalam Memediasi Pengaruh Perilaku Caring Dan Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Jalan Rsud Kabupaten Karangasem. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Helga Dwi Marsya. (2019). Penerapan response time perawat dalam pelaksanaan penentuan prioritas penanganan kegawatdaruratan jantung di IGD RSUD Prof. Dr. MA. Hanafiah SM Batusangkar. Journal of Wind Engineering and Industrial Aerodynamics, 26(1), 1–4. https://doi.org/10.1007/s11273-020-09706-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2017.09.008%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.energy.2020.117919%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.coldregions.2020.103116%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jweia.2010.12.004%0Ahttp://dx.doi.o

Iwan Setyo Lesmana. (2021). Hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. [Skripsi ], 116.

M. Diel, A. P. Y. S. (2022). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene. Jurnal Endurance, 2(June), 1–13. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v12i2.165

Mahyudin, M., Deli, H., & Erwin. (2021). Gambaran Respon Time Pasien Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Health Care : Jurnal Kesehatan, 10(1), 85–95. https://doi.org/10.36763/healthcare.v10i1.102

Mampuk, V., & Karame, V. (2019). Hubungan Respon Time Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Dengan Kepuasaan Pelanggan Di Igd Rsu Pancaran Kasih Manado. Journal Of Community &Emergency, 7, 278–288. http://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/225%0Ahttps://ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/download/225/216

Marsya Dewi Helga. (2019). Penerapan ResponTime Perawat Dalam Pelaksanan Penentuan Prioritas Penanganan Kegawatdaruratan Jantung di UGD RSUD. Prof. Dr.MA. Hanafia SM Batusangkar Tahun 2019.

Nuriah, H. (2024). Tingkat Pendidikan Dan Self Evaluasi Perilaku Caring Perawat Yang Bekerja Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Kesmas AsclepiusAsclepius, 6, 26–35. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JKA/article/view/8332/5381

Nursalam. (2014). Manajemen keperawatan (4 ed.). Salemba Medika.

Pratiwi, F. W. (2022). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Klinik Rawat Inap Sari Medika Ambarawa. In Universitas Ngudi Waluyo S1 Keperawatan, Fakultas Kesehatan. http://eprints.unw.ac.id/2913/%0Ahttp://eprints.unw.ac.id/2913/6/BAB 1 PDF - Fransisca Widya pratiwi.pdf

Putri, M. A., Eko, A. T., & Priyoto. (2022). Persepsi Pasien Mengenai Perilaku Caring Perawat Di Instalasi Rawat Inap. Jurnal Keperawatan, 15(2), STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun. https://e-journal.lppmdianhusada.ac.id/index.php/jk/article/view/212/199

Safitri, J. (2019). Hubungan antara Perilaku Caring dan Motivasi Perawat dengan Kepuasan Pasien. 1, 488–493.

Suwirna Afrini. (2019). Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 2019. Gambaran Perilaku Caring Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019, 100.

Wardiah, R. (2021). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD dr. RASIDIN PADANG. Human Care Journal, 6(1), 225. https://doi.org/10.32883/hcj.v6i1.1135

Wulandari, N., Permatasari, L. I., & Annisa, R. (2020). Hubungan Beban Kerja Perawat IGD terhadap Respon Time dalam Pelayanan Gawat Darurat di RSU Islami Mutiara Bunda Tanjung Kabupaten Brebes. Indonesian Journal of Health Research, 3(3), 20–26.

Wuwung Et.al. (2020). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 11(1), 57–66.

Yanti, D., Akbar, F., & Wardiati. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poli Penyakit Dalam Dirumah Sakit TK II Iskandar Muda Kota Banda Aceh Desi. Jurnal of Health and Medical Science, 1, 153–161.

Published

2024-08-14

How to Cite

Fitra Abdul Malik, M.Martono Diel, & Ayu Pratiwi. (2024). Hubungan Perilaku Caring Dan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien . Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 196–200. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.829

Most read articles by the same author(s)