Strategi Digital Marketing untuk Memperluas Pemasaran Budidaya Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera di Kubang Limau Manis, Pauh Padang
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.856Keywords:
Digital MarketingAbstract
Jamur tiram, sebagai bahan makanan sehat yang tidak memerlukan pupuk kimia sintetis dalam proses produksinya, mengalami peningkatan permintaan pasar, baik domestik maupun internasional. Untuk memanfaatkan potensi pasar yang besar ini, strategi pemasaran yang efektif diperlukan. Digital marketing, sebagai media pemasaran modern, menawarkan peluang untuk memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Namun, pelaku usaha jamur tiram di Limau Manis Sejahtera, Kubang Limau Manis, Kecamatan Pauh Padang, masih mengandalkan metode pemasaran tradisional. Oleh karena itu, sosialisasi dan pembinaan mengenai digital marketing sangat diperlukan untuk membantu pelaku usaha dalam memperluas pasar mereka dan meningkatkan pendapatan, demi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya digital marketing bagi pelaku usaha jamur tiram dan memberikan rekomendasi untuk penerapannya guna mendukung perkembangan usaha mereka.
References
Basu, S,. & Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offse
Chaffey D, & Ellis Chadwick, F. 2009. Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice. Harlow : Pearson
David, RF. 2009. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta
Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kottler dan Armstrong. 2012. Dasar Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo
Kottler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran EWdisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Persada
Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Pasaribu, T. Permana, DR. dan Alda, ER. 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta
Petrus W & Freitas, J, M. 2013. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Atlas project Method. Yogyakarta : AKPRIND
Rahmat, Suryani dan Nurhidayat. 2011. Untung Besar Dari Bisnis Jamur Tiram. Agromedia Pustaka: Jakarta
Soenanto, H. 2000. Jamur Tiram Budidaya dan Peluang Usaha. Aneka Ilmu. Semarang
Tjiptono, F, Gregorius, C dan Andriana, D .2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitrah Sari, Silvia Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.