Strategi Digital Marketing untuk Memperluas Pemasaran Budidaya Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera di Kubang Limau Manis, Pauh Padang

Authors

  • Fitrah Sari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Silvia Iskandar Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.856

Keywords:

Digital Marketing

Abstract

Jamur tiram, sebagai bahan makanan sehat yang tidak memerlukan pupuk kimia sintetis dalam proses produksinya, mengalami peningkatan permintaan pasar, baik domestik maupun internasional. Untuk memanfaatkan potensi pasar yang besar ini, strategi pemasaran yang efektif diperlukan. Digital marketing, sebagai media pemasaran modern, menawarkan peluang untuk memperluas jangkauan pasar dengan memanfaatkan internet dan media sosial. Namun, pelaku usaha jamur tiram di Limau Manis Sejahtera, Kubang Limau Manis, Kecamatan Pauh Padang, masih mengandalkan metode pemasaran tradisional. Oleh karena itu, sosialisasi dan pembinaan mengenai digital marketing sangat diperlukan untuk membantu pelaku usaha dalam memperluas pasar mereka dan meningkatkan pendapatan, demi kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pentingnya digital marketing bagi pelaku usaha jamur tiram dan memberikan rekomendasi untuk penerapannya guna mendukung perkembangan usaha mereka.

References

Basu, S,. & Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi ke-2. Yogyakarta: Liberty Offse

Chaffey D, & Ellis Chadwick, F. 2009. Internet Marketing Strategy, Implementation and Practice. Harlow : Pearson

David, RF. 2009. Manajemen Strategis: Konsep, Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta

Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kottler dan Armstrong. 2012. Dasar Dasar Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo

Kottler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran EWdisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kurtz. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Persada

Muljono. 2018. Digital Marketing Concept. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pasaribu, T. Permana, DR. dan Alda, ER. 2002. Aneka Jamur Unggulan Yang Menembus Pasar. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta

Petrus W & Freitas, J, M. 2013. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Atlas project Method. Yogyakarta : AKPRIND

Rahmat, Suryani dan Nurhidayat. 2011. Untung Besar Dari Bisnis Jamur Tiram. Agromedia Pustaka: Jakarta

Soenanto, H. 2000. Jamur Tiram Budidaya dan Peluang Usaha. Aneka Ilmu. Semarang

Tjiptono, F, Gregorius, C dan Andriana, D .2010. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI

Published

2023-07-30

How to Cite

Fitrah Sari, & Silvia Iskandar. (2023). Strategi Digital Marketing untuk Memperluas Pemasaran Budidaya Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera di Kubang Limau Manis, Pauh Padang. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 159–162. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.856