Penerapan Analisis SWOT Dalam Mendukung UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek

Authors

  • Anggun Pratiwi Universitas Al Azhar Indonesia
  • Syahfitri Suryaningsi Welkom Universitas Al Azhar Indonesia
  • Ditha Riyansa Universitas Al Azhar Indonesia
  • Kuncoro Hadi Universitas Al Azhar Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.743

Keywords:

Analisis SWOT, UMKM, Strategi, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada UMKM yang ada di Indonesia, terutama pada wilayah Jabodetabek. Pelaku UMKM merasakan turunnya penjualan dan minat beli dari konsumen. Selain itu kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM dalam pengelolaan bisnis mereka. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi untuk melakukan penelitian dengan pendekatan Analisis SWOT yang bertujuan agar UMKM khususnya pada wilayah Jabodetabek mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis aspek internal dan eksternal dari usaha mereka agar mampu bertahan dan memanfaatkan peluang serta mampu bersaing dengan bisnis yang ada saat ini. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini harapannya dapat diimplementasikan oleh para pelaku bisnis UMKM dalam menentukan strategi yang efektif.

References

Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI). (2020). Asosiasi Business Development Services Indonesia. https://www.abdsi.id/.

Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M. M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 54-72.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95.

Jatmiko, B., Udin, U. D. I. N., Raharti, R., Laras, T., & Ardhi, K. F. (2021). Strategies for MSMEs to achieve sustainable competitive advantage: The SWOT analysis method. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 505-515.

Nurdianto, I., & Baehaki, I. (2020). Strategi Pemasaran Pada Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 172-187.

Putra, F. P., & Hariastuti, N. P. (2021, October). Strategi Pengembangan Model Bisnis Pasca Pandemi COVID-19 Dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 9, No. 1, pp. 9-14).

Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786-793.

Rangkuti, F. (2011). SWOT and Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

Setyoko, P. I., & Kurniasih, D. (2022). Impact of the covid 19 pandemic on small and medium enterprises (smes) performance: A qualitative study in indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 315-324.

Wahyudi, D., Taryana, T., Tawil, M. R., Zulkifli, Z., & Sipayung, B. (2024). SWOT Analysis in Business Risk Awareness in MSMEs. TECHNOVATE: Journal of Information Technology and Strategic Innovation Management, 1(2), 56-61.

Yudhaputri, E. A., & Daihan, D. U. (2020). Strategy development of MSMEs in order to face industrial Revolution 4.0. In International Conference on Inclusive Business in the Changing World (ICIB 2019) (pp. 254-262).

Published

2024-07-25

How to Cite

Anggun Pratiwi, Syahfitri Suryaningsi Welkom, Ditha Riyansa, & Kuncoro Hadi. (2024). Penerapan Analisis SWOT Dalam Mendukung UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 90–94. https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.743