Penerapan Analisis SWOT Dalam Mendukung UMKM Pasca Pandemi Covid-19 Di Jabodetabek
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.743Keywords:
Analisis SWOT, UMKM, Strategi, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada UMKM yang ada di Indonesia, terutama pada wilayah Jabodetabek. Pelaku UMKM merasakan turunnya penjualan dan minat beli dari konsumen. Selain itu kurangnya pengetahuan para pelaku UMKM dalam pengelolaan bisnis mereka. Oleh karena itu kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi untuk melakukan penelitian dengan pendekatan Analisis SWOT yang bertujuan agar UMKM khususnya pada wilayah Jabodetabek mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis aspek internal dan eksternal dari usaha mereka agar mampu bertahan dan memanfaatkan peluang serta mampu bersaing dengan bisnis yang ada saat ini. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini harapannya dapat diimplementasikan oleh para pelaku bisnis UMKM dalam menentukan strategi yang efektif.
References
Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI). (2020). Asosiasi Business Development Services Indonesia. https://www.abdsi.id/.
Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M. M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 54-72.
Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95.
Jatmiko, B., Udin, U. D. I. N., Raharti, R., Laras, T., & Ardhi, K. F. (2021). Strategies for MSMEs to achieve sustainable competitive advantage: The SWOT analysis method. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 505-515.
Nurdianto, I., & Baehaki, I. (2020). Strategi Pemasaran Pada Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 172-187.
Putra, F. P., & Hariastuti, N. P. (2021, October). Strategi Pengembangan Model Bisnis Pasca Pandemi COVID-19 Dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (Vol. 9, No. 1, pp. 9-14).
Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39, 786-793.
Rangkuti, F. (2011). SWOT and Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.
Setyoko, P. I., & Kurniasih, D. (2022). Impact of the covid 19 pandemic on small and medium enterprises (smes) performance: A qualitative study in indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 3(3), 315-324.
Wahyudi, D., Taryana, T., Tawil, M. R., Zulkifli, Z., & Sipayung, B. (2024). SWOT Analysis in Business Risk Awareness in MSMEs. TECHNOVATE: Journal of Information Technology and Strategic Innovation Management, 1(2), 56-61.
Yudhaputri, E. A., & Daihan, D. U. (2020). Strategy development of MSMEs in order to face industrial Revolution 4.0. In International Conference on Inclusive Business in the Changing World (ICIB 2019) (pp. 254-262).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggun Pratiwi, Syahfitri Suryaningsih Welkom, Ditha Riyansa, Kuncoro Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.