Strategi Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Guru SMA Kartika XX-1 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i2.732Keywords:
Manajemen kelas, Motivasi belajar, PsikoedukasiAbstract
Keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran individu bukan hanya karena pengelolaan kelas yang dilakukan guru, melainkan juga karena motivasi individu. Guru mempunyai peluang untuk meningkatkan motivasi siswa. Oleh karena itu, psikoedukasi menjadi salah satu kegiatan yang diimplementasikan sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai strategi manajemen kelas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada guru SMA Kartika XX-1 Makassar. Tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini meliputi pembukaan, pemberian pre-test, pemaparan materi, sesi diskusi, dan pemberian post-test. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (p=0.000) antara rata-rata skor pre-test (6,11) dengan rata-rata post-test (8,19). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, yang mengindikasikan bahwa pemberian psikoedukasi dapat meningkatkan pemahaman peserta.
References
Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 434–449.
Aryani, N., & Wahyuni, M. (2020). Teori Belajar Behavioristik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2.
Azeti, S., Mulyadi, H., & Purnama, R. (2019). Peran motivasi belajar dan disiplin belajar pada prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Journal of Business Management Education (JBME), 4(2), 10-17.
Evertson, C. M., & Weinstein, C. S. (2006). Handbook of Classroom Management: Research, Practice, and Contemporary Issues. In Lawrence Erlbaum Associates.
Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451-1459. Doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620
Himpsi. (2010). Kode etik psikologi Indonesia. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia.
Harahap H. S., & Nasution, I. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 (4). doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.463
Kartika, S. (2012). Pengertian, Tujuan dan Fungsi Seminar Pendidikan. http://sri-kartika.blogspot.com/2012/09/pengertian-tujuan-dan-fungsi-seminar.html. Diakses tanggal 3 juli 2024
Mansyur, A. Y., Ramadhani, A. K., Faisal, A. F., Arifuddin, N. M., & Sakinah, N. (2024). Psikoedukasi Regulasi Emosi Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Agresif Peserta Didik MTs Arifah Gowa. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 538-542.
Siregar, J., Widiantoro, D., & Hikmah, W. N. (2020). Membangun Kesehatan Mental Dalam Keluarga Pada Pasangan Menikah di Desa Tanjung Belit, Kec. Rambah, Rokan Hulu, Riau. Madaniya, 1(4), 165-171.
Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46-57. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p46-57
Windiyani, T., & Sofyan, D. (2018). Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa. Articles In Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar "Menyongsong Transformasi Pendidikan Abad 21. Universitas Negeri Jakarta. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10196
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angel, Sulistiawati, Nurhadijah, Ahmad Ridfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.