Strategi Pemasaran Melalui Redesain Kemasan Sebagai Upaya Meningkatan Penjualan di Rumah Kopi Banjarsengon Jember
DOI:
https://doi.org/10.59435/gjpm.v2i1.309Keywords:
Strategi pemasaran, redesain, penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari strategi pemasaran melalui redesain kemasan, serta peran redesain kemasan terhadap peningkatan penjualan di rumah kopi banjarsengon. Melalui pendekatan deskriptif dan kualitatif penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran berbasis redesain produk, dengan mengidentifikasi melalui analisis SWOT dengan kekuatan bahan baku dan kualitas produk, sementara kelemahan terdapat pada desain kemasan dan strategi pemasaran. Redesain kemasan dilakukan dengan mempertimbangkan preferensi konsumen,meningkatkan daya saing dan citra produk kemudian hasilnya adalah penjualan serta kemampuan menjangkau pasar baru yang lebih luas di media sosial dan bisa meningkatkan image brand. Selain itu hasil redesain kemasan ini menggambarkan komitmen Rumah Kopi Banjarsengon(RKB) dalam memperbarui produknya sesuai dengan perkembangan tren atau zaman, denan meperhatikan detail warna, ukuran, dan informasi yang disampaikan pada label kemasan.
References
Alfauzi, F. R., & Hakim, A. (2022). PERANCANGAN PACKAGING , REDESIGN LABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFIT UMKM RENGGINANG TEH ENTIN. ABDIMA: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2395-2407.
Arhamas, B., Ramadhan, A. F., Noviyanti, S., Amri, A., & Kusumawardhani, R. (2023). Re- Desain UMKM BA Frozen Food Dalam Membangun Strategi Bisnis. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 40-56.
Hendrayani, Y., & Manihuruk, H. (2020). REDESAIN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARNESS PRODUK UNGGULAN UKM CILODONG BERKARYA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, Vol. 3, No. 1, 212-220.
Maryani, A., Dewi, R. S., Widyaningrum, R., Rahman, A., Sudiarno, A., Dewi, D. S., et al. (2022). Redesain Kemasan Bumbu Rujak Manis menjadi Sambelo Dressing untuk Segmen Pasar Gen Milenial dan Gen Z. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-9.
Muttaqien, M., & Nafza, G. N. (2021). Upaya meningkatkan daya tarik produk Chocolate Bingkon Kakao melalui redesain kemasan. COMMUNITY EMPOWERMENT, 1348-1354.
Salomon, L. L., Ahmad, & Sukania, W. K. (2021). REDESIGN KEMASAN PRODUK MAKANAN BEKU BERBAHAN DASAR SEAFOOD GUNA PENINGKATAN PANGSA PASAR DIERA PANDEMIC COVID-19. Hasil Penelitian/Hasil PKM.
Satoto, H. F., & Widiasih, W. (2021). REDESAIN KEMASAN PRODUK UKM JAMU CUKA REMPAH UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN. BENGAWAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 36-43.
Siregar, T., & Hakim, A. (2022). PERANCANGAN PACKAGING, REDESIGN LABEL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM OPAK PAK UUS. Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3137-3147.
Tiyaningsih, S., Rizaq, M. C., & Prabowo, P. K. (2023). REDESIGN KEMASAN PRODUK HERBAMIE SEBAGAI STRATEGI BRANDING. Deskovi : Art and Design Journal, 195-205.
Utama, A., Mustikasari, A., Cahyaningrum, A. O., & Sony, A. (2022). STRATEGI PEMASARAN MELALUI RE-DESIGN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN USAHA DAN DAYA SAING UKM BAKPIA ISTU PASCA COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2022, 136-145.
Wibowo, Y., & Palupi, C. B. (2022). ANALISIS NILAI TAMBAH PENGOLAHAN BIJI KOPI ARABIKA (STUDI KASUS: RUMAH KOPI BANJARSENGON, JEMBER). Jurnal Agroteknologi Vol. 16 No. 01, 37-48.
Zulkarnain. (2020). STRATEGI KONSEP DESAIN KEMASAN KOPI SPECIALTY UNTUK INDUSTRI SKALA MIKRO. Jurnal Desain Vol.8, No.1, 17-26.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Taufiqur Rohman, Ahmad Wildan Saputra Ramadhana, Toifur Ulum, Ahmad Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.