Psikoedukasi Pelatihan Self-Control Bagi WBP Pada Rutan Kelas 1 Makassar Dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Pasca Bebas

Authors

  • Muh. Rezky Pratama Susilo Universitas Negeri Makassar
  • Moh. Syahrul Syarif Universitas Negeri Makassar
  • Vidya Ghaniyah Universitas Negeri Makassar
  • Perdana Kusuma Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v3i1.1182

Keywords:

Psikoedukasi, Kontrol Diri, Stigma Masyarakat, Warga Binaan Pemasyarakatan, Reintegrasi Sosial

Abstract

Program psikoedukasi ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan warga binaan pemasyarakatan (WBP) dalam mengelola kontrol diri, menghadapi stigma masyarakat, dan mengembangkan pengelolaan emosi menjelang kebebasan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pre-test and post-test yang melibatkan 25 responden laki-laki dari Rumah Tahanan Kelas 1 Makassar. Pelatihan dilaksanakan selama satu hari dan difokuskan pada peningkatan kemampuan pengendalian diri melalui psikoedukasi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta. Pada aspek kontrol diri, pemahaman peserta meningkat dari 72% menjadi 88%, sedangkan pemahaman tentang stigma masyarakat meningkat dari 36% menjadi 92%. Kemampuan menenangkan diri yang awalnya dimiliki oleh 20% peserta meningkat menjadi 72%, dan kesadaran akan pentingnya dukungan sosial meningkat hingga 96%. Program ini terbukti efektif dalam mendukung WBP mengembangkan kemampuan emosional dan sosial mereka, sehingga dapat mempermudah reintegrasi ke masyarakat dan mengurangi dampak negatif dari stigma sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya psikoedukasi sebagai solusi praktis dalam mendukung rehabilitasi psikologis dan sosial bagi warga binaan menjelang kebebasan mereka.

References

Azwar, B., & Abdurrahman, A. (2022). Peningkatan Resiliensi Diri Warga Binaan Dengan konseling. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 9(2), 63–76. https://doi.org/10.37064/consilium.v9i2.14020

Fajrin, F. A., & Kusmiyanti, K. (2021). Pengaruh Self-Control terhadap Kepatuhan Narapidana. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 8(2), 102-115.

Haney, Craig. 2001. The Psychological Impact of Incarceration: Implications for Post-Prison Adjustment. Santa Cruz : University of California

Hati, Y., Fadillah, F., & Pase, M. (2021). Health locus of control dan self-efficacy pasien DM Tipe 2 dengan penerapan modifikasi psikoedukasi. Jurnal Keperawatan Priority, 4(1), 9-17.

Kartono, Kartini. 2011. Patologi Sosial Jilid 1. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Nurdin, M. N. H., Rahmah, A. I., Ansyar, A., Salim, M. Y., Jannah, M., & Fitriazahra, M. (2021). Regulasi Emosi sebagai Upaya Kontrol Diri Warga Binaan Rutan Kelas 1 Makassar. Pengabdi, 2(2), 197–202. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24976

Orisu, T. U., & Wibowo, P. (2023). Optimalisasi Program Pembinaan Rehabilitasi Sosial Narapidana Narkotik. Krepa: Kreativitas Pada Abdimas, 1(5), 1–10.

Wahyuni, S., Studi Bimbingan dan Konseling, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura Jl Hadari Nawawi, U., & Barat, K. (n.d.). Efektivitas konseling kelompok menggunakan teknik WDEP dalam meningkatkan self-control siswa di MTs negeri 2 Pontianak. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 10, Issue 3).

Walters, G. D. (2016). Are behavioral measures of self-control and the grasmick self-control scale measuring the same construct? A meta-analysis. American Journal of Criminal Justice, 41(2), 151–167

Wardhani, P. R., Soerjoatmodjo, G. W. L., & Kaihatu, V. A. M. (2021). Kontrol Diri Remaja Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan X. Jurnal Adat : Jurnal Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan, 3(2), 107–112.

Widyastuti, W., Hikmah, N., Alfira, M., Putriani, S. E., & Damayanti, S. D. (2022). Hubungan Kontrol Diri dengan Agresivitas pada Warga Binaan Lapas. Indonesian Journal of Social and Educational Studies, 2(2), 191–200. https://doi.org/10.26858/ijses.v3i2.40529

Zulfah, Z. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1(1), 28- 33.

Published

2024-12-20

How to Cite

Susilo, M. R. P., Moh. Syahrul Syarif, Vidya Ghaniyah, & Perdana Kusuma. (2024). Psikoedukasi Pelatihan Self-Control Bagi WBP Pada Rutan Kelas 1 Makassar Dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Pasca Bebas. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 120–125. https://doi.org/10.59435/gjpm.v3i1.1182