Mengembangkan Pengetahuan Dan Motorik Individu Berkebutuhan Khusus: Experiental Learning Dalam Edukasi Pembuatan Ecoenzym

Authors

  • Reskiani Mas Bakar Universitas Negeri Makassar
  • Kurniati Zainuddin Universitas Negeri Makassar
  • Aliyah Hidayah Madjid Universitas Negeri Makassar
  • Nabila Ramdahani Imran Universitas Negeri Makassar
  • Ni Made Kausalya Devi Utami Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59435/gjpm.v3i1.1112

Keywords:

Kelestarian lingkungan

Abstract

Permasalahan lingkungan yang paling banyak terjadi setiap wilayah di Indonesia adalah jumlah sampah yang menumpuk. Sehingga perlu ditanamkan ilmu pengenai pengolahan sampah bagi setiap orang, terlebih bagi orang tua yang memiliki anak istimewa seperti individu dengan kebutuhan khusus yang umumnya masih kurang dalam pengetahuan mengolah limbah. Tujuan dari edukasi yaitu dapat meningkatkan pengetahuan melestarikan lingkungan dan melatih kemampuan motorik IBK dengan edukasi pembuatan ecoenzym dari limbah buah. Ecoenzym adalah cairan yang bersifat ramah lingkungan, pembuatan ecoenzym melalui proses fermentasi dari limbah kulit buah. Metode yang digunakan dalam edukasi ini yaitu Experiential learning. Metode ini merupakan model pembelajaran dimana, proses pembentukan pengetahuan terjadi melalui pengalaman. Selain itu, digunakan flashcard sebagai alat peraga untuk memudahkan IBK dalam proses pembentukan pengetahuan melalui pengalaman. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui keefektifan program kerja dari proyek kemanusiaan komunitas Pelipur dalam memberikan pelatihan keterampilan untuk pemberdayaan individu berkebutuhan khusus. Pelaksanaan pelatihan dilakukan di Sentra Wirajaya, Makassar bekerjasama dengan mitra Koads serta FORKESI (Forum Keluarga Spesial Indonesia). Pelatihan ini mendapatkan antusiasme dan partisipasi aktif partisipan dalam pembuatan ecoenzym, keefektifan pelatihan dilihat dari hasil yang menunjukkan jika IBK mampu berkontribusi besar untuk menambah pengetahuan pengolahan limbah dan perkembangan motorik yang baik. Edukasi ini diharapkan menjadi usaha pelestarian lingkungan bagi IBK apabila mampu diberdayakan dengan baik.

References

Abilleira, M. P., García, M. L. R., Vázquez, T. C., Deus, M. P. R., Josefa, M., & Cortizas, M. J. I. (2019). Personality characteristics of a sample of violent adolescents against their partners. Journal Psicologia: Reflexao e Critica, 37(11), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41155-019-0122-7

Astuti, A. P., & Maharani, E. T. W. (2020). Pengaruh variasi gula terhadap produksi ekoenzim menggunakan limbah buah dan sayur. EDUSAINTEK, 4. 470-479

Gunadi, G., Prasetyo, T., Kurniasari, D., & Muhdiyati, I. (2023). Peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan metode experiential learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(1), 35-43.

Hariri, C. A., & Yayuk, E. (2018). Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 1-15.

Megah, S. I., Dewi, D. S., & Wilany, E. (2018). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Digunakan Untuk Obat Dan Kebersihan. Minda Baharu, 2(1), 50. https://doi.org/10.33373/jmb.v2i1.2275

Mustaqim, A. (2022). Komunikasi Imajinasi dalam Film Nussa: Imagination Communication in Nussa Film. TOTOBUANG, 10(2).

Nurussa’adah, E., & Mustopa, A. (2018). Komunikasi anak berkebutuhan khusus melalui terapi vokasional: kreasi membuat kerajinan tangan dari barang bekas. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 103-108).

Rahmadhani Fitri, S. T., Siregar, H. F., & Tarigan, A. S. P. (2019). Peduli lingkungan bagi anak berkebutuhan khusus (abk) dengan penerapan tong sampah ceria. Prosiding PKM-CSR,

Shirban Sasi, A. (2018) Pictologics: A Teaching Method by Imaginative Usage of Pictures. Mextesol Journal, 42 (1)

SIPSN (2023) Grafik Komposisi Sampah. Online at SIPSN - Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (menlhk.go.id) accessed 14 Mei 2023

Sujarwo, Tristanti, & Widyaningsih. (2014). Pengelolaan Sampah Organik & Anorganik. Pengelolaan Sampah Organik & Anorganik, 7–8.

Yanti. D.,& Awalina, R. (2021). Sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah organik menjadi Eco-Enzyme. Warta Pengabdian Andalas,28 (2), 84–90.

Zainuddin, K., Nur, H., Surfatianingsih, E., Khumas, A., & Rifani, R. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Keluarga dan Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pelatihan Pembuatan Sabun dan Lilin Aromaterapi Dari Minyak Jelantah. Jurnal Kebajikan, 2(1), 78-83.

Published

2024-12-01

How to Cite

Reskiani Mas Bakar, Kurniati Zainuddin, Aliyah Hidayah Madjid, Nabila Ramdahani Imran, & Ni Made Kausalya Devi Utami. (2024). Mengembangkan Pengetahuan Dan Motorik Individu Berkebutuhan Khusus: Experiental Learning Dalam Edukasi Pembuatan Ecoenzym. Gudang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 100–105. https://doi.org/10.59435/gjpm.v3i1.1112

Most read articles by the same author(s)